Beasiswa Erasmus Mundus – Uni Eropa menawarkan Beasiswa Erasmus Mundus untuk Program Magister dan Doctoral bagi para mahasiswa yang berasal dari negara-negara berkembang. Secara eksklusif beasiswa ini diberikan pada para mahasiswa terpilih untuk mengikuti salah satu dari Program Gabungan Erasmus Mundus untuk tingkat magister atau pun doktoral.

Beasiswa Erasmus Mundus

Institusi Penyedia: Universitas atau institusi di negara-negara Eropa yang berpartisipasi dalam Erasmus Mundus Action Joint Programmes yang telah disetujui. (Perkuliahan dimulai pada bulan Agustus atau September 2013).

Bidang Studi: Untuk tahun ajaran 2013-2014 ada sekitar 139 program magister dan 43 program doktoral yang dibiayai dari program beasiswa ini. Bidang studi yang tercakup di dalamnya adalah:Agriculture and Veterinary, Engineering, Manufacture and Construction, Health and Welfare, Humanities and Arts, Science, Mathematics and Computing, and Social Sciences, Business and Law.

Jumlah Penerima: Dari periode 2009-2013 ada sekitar 5.300 mahasiswa tingkat master dan 440 mahasiswa tingkat doktoral dari negara-negara berkembang yang akan diberikan beasiswa Erasmus Mundus ini.

Target penerima: Para mahasiswa dari negara-negara berkembang atau negara baru yang tidak berasal dari 27 Negara Anggota Uni Eropa dan tidak menetap ataupun melakukan aktifitas utamanya (belajar, pelatihan atau pun bekerja) yang totalnya lebih dari 12 bulan selama lima tahun terakhir di salah satu negara tersebut di atas.

Nilai Beasiswa: Program beasiswa ini menawarkan beasiswa penuh yang mencakup biaya hidup, biaya akademik, perjalanan dan asuransi yang dibutuhkan oleh mahasiswa nantinya. Jumlahnya akan tergantung dengan tingkat studi/pengajaran/penelitian yang berdurasi dari 3 bulan hingga 3 tahun serta asal negara penerima beasiswa (beasiswa yang diberikan untuk penerima dari luar negara Uni Eropa akan lebih besar dari pada mereka yang dari negara anggota Uni Eropa).

Persyaratan: Perlu diperhatikan bahwa setiap Erasmus Mundus Joint Programme mempunyai kriteria pemilihan dan prosedur pendaftarannya sendiri. Pendaftar harus menghubungi Konsorsium yang menawarkan Program Magister atau pun Doktoral untuk mendapatkan informasi yang lebih.

Instruksi Pendaftaran: Untuk tahun akademik 2013/2014, pendaftar disarankan untuk menghubungi masing-masing website dari setiap Erasmus Mundus Joint Programmes (Magister/Doktoral) yang diminatinya. Di sana akan terdapat semua informasi yang diperlukan seperti isi perkuliahan, strukturnya, besa beasiswanya dan juga prosedur pendaftan dan seleksinya. Batas waktunya akan berbeda-beda untuk masing-masing program, namun biasanya akan berkisar antara bulan Oktober hingga Januari tiap tahunnya.

Batas Waktu: Sekitar bulan Desember – Januari (tahunan)

Informasi Lanjut: karena masing-masing konsorsium joint programme ini bertanggung jawab atas prosedur pendaftaran dan seleksinya (termasuk jadwalnya), maka semua calon pendaftar harus berkonsultasi pada website yang sesuai agar tepat prosedurnya. Jika diperlukan, calon pendaftar harus menghubungi konsorsium guna informasi lebih lanjut. Calon pendaftar juga dapa mencari informasi lebih lanjut pada Action 1 of the Erasmus Mundus Joint Programmes di FAQ (Frequency Asked Questions) terbarunya. Kunjungi juga situs Erasmus Mundus atau unduh petunjuk beasiswa Erasmus Mundus di sini.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here