Beasiswa Jamsostek 2012 ini merupakan salah satu wujud program Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) dalam bidang pendidikan, sebagai sumbangsih PT Jamsostek (Persero) dalam rangka meningkatkan kecerdasan bangsa khususnya anak-anak tenaga kerja peserta Jamsostek. Program Beasiswa Jamsostek 2012 bertujuan membantu tenaga kerja peserta Jamsostek dalam pembiayaan pendidikan anak tenaga kerja yang berprestasi untuk jangka waktu 12 bulan.

Sekilas sejarah tentang Jamsostek.

BUMN yang mempunyai visi “Menjadi lembaga jaminan sosial tenaga kerja terpercaya yang unggul dalam pelayanan dan memberikan manfaat optimal bagi seluruh peserta dan keluarganya” meruapakan salah satu cara Negara untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat. Sesuai dengan kondisi kemampuan keuangan Negara, Indonesia seperti halnya berbagai Negara berkembang lainnya, mengembangkan program jaminan sosial berdasarkan funded social security, yaitu jaminan sosial yang didanai oleh peserta dan masih terbatas pada masyarakat pekerja di sektor formal. Dengan penyelenggaraan yang makin maju, program Jamsostek tidak hanya bermanfaat kepada pekerja dan pengusaha tetapi juga berperan aktif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi kesejahteraan masyarakat dan perkembangan masa depan bangsa.

Program Beasiswa Jamsostek 2012 ini akan memberikan bantuan beasiswa sebesar:

  1. Rp 150.000,-/bulan selam 1 tahun untuk tingkat SD -SLTP
  2. Rp 200.000,-/bulan selama 1 tahun*) untuk tingkat SLTA – Perguruan tinggi sebesar

Peryaratan Program Beasiswa Jamsostek 2012:

Bagi Perusahaan

  • Telah terdaftar sebagai peserta program Jamsostek minimal 1 (satu) tahun
  • Tertib administrasi kepesertaan program Jamsostek

Bagi Tenaga Kerja

  • Telah menjadi peserta Jamsostek minimal 1 (satu) tahun dan masih aktif
  • Upah maksimal 300% dari upah minimal kabupaten atau upah minimal kota
  • Mendapat nilai diatas 7,00 untuk SD/SMP/SMu dan IP 2,75 untuk Masiswa.
  • Anak tenaga kerja yang meninggal dunia / cacat total tetap akibat kecelakaan kerja
  • Anak tenaga kerja tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari insatansi lain
  • Mengisi formulir permohonan bantuan beasiswa Jamsostek

Surat permohonan bantuan beasiswa Jamsostek:

Untuk Surat Permohonan Bantuan Beasiswa Jamsostek dapat dilihat di situs resminya; http://jamsostek.co.id

Dokumen yang harus dilampirkan:

  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku 2 lembar
  • Foto copy Kartu Keluarga/Akte Kelahiran 2 lembar
  • Foto copy Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) 2 lembar
  • Foto copy rapor terakhir/transkrip 2 eksemplar (dilegalisir)
  • Surat keterangan dari Kepala Sekolah yang bersangkutan dan copy 1 lembar
  • Surat Pernyataan Orang tua (bermaterai Rp.6.000,-) bahwa saat ini tidak berstatus sedang menerima berasiswa dari instansi lain

30 KOMENTAR

    • Maaf kalau info ini kurang jelas, karena memang dari website jamsostek sendiri tidak disebutkan secara langsung. Silahkan Anda bisa langsung menghubungi kontak yang ada di website Jamsostek.
      Terima kasih.

  1. kalau mau mengajukan beasiswa harus lewat perusahaan atau bisa secara personal..?trus kirim aplikasinya ke alamat mana/

  2. Hmm,, saya mahasiswi semester 3 di salah satu universitas Aceh, apa masih bisa mndapat Beasiswa?? dan kalau saya tidak punya kartu peserta jamsostek bagaimana??

  3. apakah beasiswa ini hanya untuk anak dari tenaga kerja yang terdaftar sebagai peserta jamsostek? saya adalah mahasiswa semester 2 disalah satu universitas balikpapan, dan orang tua saya tidak terdaftar sebagai peserta jamsostek, yang terdaftar sebagai peserta jamsostek adalah saya, apakah saya bisa mendaftarkan diri saya sendiri?

    • dari penjelasan yang ada di website-nya sih seperti itu Mbak. Tapi jangan putus asa, di kampus biasanya akan ada banyak sumber beasiswa kok. Seperti Beasiswa Djarum, Sampoerna, BI, BII, PPA, BBM, Supersemar dlsb.

      Semoga sukses ya mbak.

  4. orang tua saya tdk terdaftar jamsostek,tp saya terdaftar peserta jamsostek,saya ingin mendaftarkan adik saya yg masih bersekolah SMU . apakah bisa??

    • saya kurang tahu persis apakah kalau seperti itu bisa, karena dari sekilas yang ada di situs resminya memang diperuntukkan untuk orang tua yang akan mendaftarkan anaknya untuk mendapatkan beasiswa jamsostek tersebut. Mungkin Ibu Desi dapat menanyakan langsung ke kantor pusatnya untuk kejelasan itu. Terimakasih semoga membantu.

  5. org tua saya anggota jamsostek
    saya ingin mengajukan beasiswa dimana form pendaftarannya
    batas waktu pengiriman sampe kapan?
    ,akasih byk 🙂

  6. saya salah satu tenaga pendidik di sebuah SD yang berdiri di Perkebunan yang rata-rata orang tua siswa saya terdaftar sebagai peserta jamsostek. Yang ingin saya tanayakan, Apakah bisa mereka memperoleh beasiswa tersebut dan bagaimana caranya ya,,,,,?

    • Kalau membaca di petunjuknya jamsostek sih bisa. Ajukan formulir sebagaimana yang tertera dalam situs resmi jamsostek. Namun saya sendiri tidak tahu harus kemana formulir itu nantinya diberikan, mengingat saya juga buka pegawai dari Jamsostek. Silahkan dapat hubungi langsung ke nomer atau email yang ada di situsnya Jamsostek. Terimakasih

  7. Saya peserta jamsostek dan tinggal di Bekasi anak saya memenuhi syarat untuk menerima progam beasiswa jamsostek ,yang ingin saya tanyakan kemana saya harus mengirim dokumen yang diperlukan untuk daerah Bekasi? mohon informasinya,terimakasih.

    • Mohon maaf sekali, untuk pertanyaan itu mohon dapat ditanyakan langsung pada Jamsostek di nomor yang tersedia di situs resminya. Karena saya bukan orang yang bekerja di sana, di sini saya hanya memberikan info saja.

      terimakasih

  8. Saya istri dari david snae tp david peserta jamsostek skrg sy lagi menyelesaikan S1 apakah sy bisa mengajukan beasiswa jamsostek kalau bisa tlg bls alamat lwt sms ke no saya 081213170960 trm ksh.sy tnggu blsnya.

  9. Sy istri narsal bpk adalah peserta jamsostek dan kebetulan sy istrix lagi kuliah semester 7,sy mengambil jurusan s1 Pai pertanyaanx apakah sy jg bsa mengikuti program jamsostek ini dan klau bsa tlng sms sy d no sya 085399056528 terimakasih sy tnggu infox

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here