BAGIKAN
error recognition di UN SMK 2016

Error Recognition – Berbeda dengan jenis soal yang ada di UN Bahasa Inggris tingkat SMK tahun-tahun sebelumnya, pada Ujian Nasional SMK 2016 ini sola jenis Error Recognition bakal dihilangkan. Ada beberapa alasan mengapa pada akhirnya soal jenis ini dihilangkan. Salah seorang guru dari SMK Negeri di Jakarta menyebutkan, bahwa penghilangan ini dikarenakan jenis soal ini dianggap terlalu mudah. Pada Error Recognition ini seringkali siswa tidak perlu mengetahui arti maupun konteks dalam kalimat ataupun dialognya. Mereka hanya mengidentifikasi pada bagian yang telah digarisbawahi semata. Mereka cukup menghafal material dan kemudian memilih pilihan tersebut.

error recognition

Lalu apa yang menggantikan jenis soal Error Recognition ini?

Sebagai pengganti dari soal jenis Error Recognition ini, akan ada jenis soal baru. Dialogue Comprehension* yang terdiri dari 3 (tiga) soal akan menggantikannya.

Dialogue Comprehension ini merupakan soal yang terdiri dari percakapan 3 hingga 4 take turns yang utuh. Kemudian percakapan tersebut diikuti dengan pertanyaan mengenai isi dari percakapan tersebut. Jenis pertanyaan yang digunakan terdiri dari informasi tersirat, tertentu, dan tersebut.

Mudah-mudah meskipun ada perubahan jenis soal ini, tidak mengurangi semangat siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi Ujian Nasional 2016.

*Saya tidak yakin bahwa ini adalah istilah yang benar dari jenis soal tersebut.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here