Beasiswa Bidik Misi 2013 – Kesempatan untuk mendapatkan pendidikan tinggi dengan kuliah di universitas negeri akan semakin lebar. Tidak hanya mahasiswa yang berasal dari keluarga kaya, dengan adanya peluang Beasiswa Bidik Misi 2013 ini calon mahasiswa dari keluarga miskin juga akan mendapatkan tempat. Tentunya harus juga diimbangi dengan kemampuan akademik dan kepribadian yang baik, sehingga nantinya akan bermunculan lulusan-lulusan yang tangguh, mampu berkompetisi dan memajukan negeri tercinta ini.

Jika di tahun 2012 ini jumlah penerima Beasiswa Bidik Misi baru sejumlah 92.000 mahasiswa, di tahun mendatang jumlah penerima akan bertambah, yakni diharapkan dapat sejumlah 150.000 mahasiswa. Penambahan jumlah penerima beasiswa ini agar semakin banyak mahasiswa miskin yang bisa berkuliah di perguruan tinggi negeri. Program beasiswa bidik misi ini diawali pada tahun 2010 dengan jumlah penerimanya adalah 20.000 mahasiswa. Lalu pada tahun berikutnya, tahun 2011 jumlahnya meningkat menjadi 30.000 mahasiswa.

Pemberian beasiswa bidik misi 2013 ini mempunyai sasaran lebih jauh, yakni agar jeratan kehidupan miskin dapat dipotong melalui kesempatan untuk memperoleh pendidikan tinggi di universitas atau perguruan tinggi. Mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa bidik misi akan memperoleh bantuan dana senilai Rp.400.000 untuk biaya perkuliahan serta Rp.600.000 per bulan untuk biaya hidup. Sehingga diharapkan mahasiswa yang sudah masuk perguruan tinggi dapat fokus dengan akademiknya serta menghindari putus kuliah di tengah jalan.

Isu Penghapusan Beasiswa Bidik Misi 2013

Muncul kekhawatiran akan dihapuskannya program beasiswa bidik misi ini oleh pemerintah. Dan patut disyukuri bahwa Menteri Pendidikan, M. Nuh, telah menyampaikan bahwa program ini mendapatkan hasil evaluasi yang baik. Dan akan terus dilanjutnya untuk memberikan kesempatan yang semakin luas guna mengikuti pendidikan tinggi. Bahkan yang semula program beasiswa bidik misi ini hanya diberi payung hukum peraturan pemerintah, kedepannya akan diperkuat. Nantinya program ini akan diperkuat lagi dalam Undang-Undang Pendidikan Tinggi.

Kita pun sebagai masyarakat umum tidak boleh acuh tentang program ini. Selain dapat memberikan informasi pada sanak kerabat kita, di sisi lain kita juga bisa harus memonitor bahwa program pemerintah yang bertujuan baik ini dapat berjalan dengan semestinya. Semoga ini dapat meningkatkan pendidikan di Indonesia.

Save

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here