Mendapatkan kesempatan kuliah dan/atau beasiswa Australia mungkin menjadi salah satu harapan dan sekaligus kebanggaan. Mengingat, Australia sudah lama menjadi salah satu negara tujuan untuk kuliah di luar negeri, termasuk bagi lulusan sarjana di Indonesia. Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan untuk mendapatkan kesempatan kuliah di Australia sekaligus mendapatkan beasiswa dalam Program Beasiswa Australia 2013 yang segera akan dibuka.

Program Australia Awards Scholarship (AAS) atau Beasiswa Australia Awards merupakan program jangka panjang yang diberikan oleh AusAID yang dikhususkan untuk pendaftar dari negara sahabat Negeri Kangguru itu, termasuk di dalamnya adalah Indonesia. Program beasiswa ini sebelumnya dinamakan Australian Development Scholarship (ADS). Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan gelar sarjana ataupun magister di berbagai universitas atau perguruan tinggi yang ada di Australia. Nantinya setelah menyelesaikan program beasiswa ini, lulusan pulang ke negaranya masing-masing dan mampu mengembangkan negaranya.

Pendaftaran Program Beasiswa Australia 2013

Pendaftaran program ini akan dibuka mulai 4 Maret 2013 hingga 2 Agustus 2013. Pendaftaran tahun ini berarti untuk masa kuliah di tahun 2014 nanti.

Bagi kandidat yang ingin mengikuti program ini haruslah mencermati persyaratan yang diberikan panitia. Persyaratan tersebut harus dipenuhi kandidat agar supaya aplikasi yang dikirimnya dapat diproses. Berikut ini adalah persyaratan beasiswanya:

  1. Kandidat harus memiliki IPK minimal 2.9 (skala 4.0)
  2. Kandidat memiliki kemampuan berbahasa Inggris bagus
  3. Kandidat memilik nilai IELTS minimal 5.0,  TOEFL iBT minimal 61 atau TOELF paper-based minimal 500.

Bagi kandidat yang memenuhi kualifikasi dan seleksi, mereka akan mendapatkan:

  1. Biaya pendidikan penuh.
  2. Ttiket pesawat pulang-pergi dari negara asal penerima beasiswa.
  3. Bbiaya akomodasi.
  4. Bbiaya hidup sebesar 30.000 dollar Australia per tahun, dan
  5. Asuransi kesehatan.

Selain mendapatkan kuliah di Australia ini, nantinya mereka akan juga mendapatkan manfaat-manfaat lainnya. Sebelum proses perkuliahan dimulai, penerima beasiswa diharuskan untuk mengikuti program pengenalan yang disebut Introductory Academic Program. Dalam program ini dipaparkan pola kehidupan (student life style) serta tips belajar. Orientasi akan dilaksanakan selama 4-6 minggu sebelum berjalannya perkuliahan. Selain itu, nantinya penerima juga akan mendapatkan program persiapan bahasa Pre-Course English.

Bila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs resminya http://www.ausaid.gov.au.

Save

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here