Trout UN SMK 2016 bersama Penerbit Erlangga

Tryout UN SMK 2016 dengan Penerbit Erlangga – Sejak Senin, 28 Maret 2016 hingga kemarin Rabu 30 Maret 2016, SMK Diponegoro dan juga seluruh SMK negeri dan swasta di Kabupaten Batang menyelenggarakan tryout UN bersama. Bagi SMK Diponegoro sendiri, ini merupakan tryout keempat dan sekaligus tryout terakhir sebelum minggu depan menghadapi Ujian Nasional 2016.

tryout#4

Di hari pertama, para siswa mengerjakan tryout Bahasa Indonesia yang terdiri dari 5 (lima) paket soal. Dilanjutkan di hari kedua dengan mata pelajaran Matematika yang juga terdiri dari 5 (lima) paket soal.

Bahasa Inggris diujikan pada hari ketiga yang terdiri dari lima paket soal bukan hanya untuk soal reading comprehension, incomplete dialogue, serta cloze test, namun juga terdapat lima paket listening section. Karena dianggap mengurangi konsentrasi kebanyakan siswa jika harus menggunakan masing-masing listening untuk tiap paketnya, pada akhirnya disepakati untuk menggunakan salah satu paket listening section saja.

Berbeda dengan kisi-kisi UN 2016 yang saya dapatkan dari pengisi bedah SKL bulan Desember lalu, Tryout UN Bahasa Inggris dari Penerbit Erlangga kali ini masih menggunakan kisi-kisi yang lama. Seperti masih adanya soal error recognition. Alhasil, hal tersebut memunculkan pertanyaan mengenai kisi-kisi UN SMK mana yang akan dipakai nanti di UN 2016.

Saya sendiri masih meyakinkan pada para siswa, bahwa kemungkinan besar kisi-kisi yang digunakan untuk Ujian Nasional Bahasa Inggris 2016 adalah kisi-kisi yang terbaru. Saya lebih yakin dengan pengisi materi bedah SKL UN 2016 dibandingkan dengan kenyataan soal yang diterbitkan oleh Erlangga untuk tryout kali ini.

Jalan keluar yang dapat disarankan pagi para siswa adalah mereka perlu untuk bersiap diri dengan segala jenis soal UN Bahasa Inggris nantinya. Perkuat saja kemampuan kosa-kata dan short functional text yang masih tetap muncul. Yakinkan pada diri mereka bahwa jenis soal apa pun bisa mereka kerjakan dengan baik.

Beri Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here